JAKARTA, HOLOPIS – Ditengah kecemasam masyarakat dengan rumah sakit yang penuh, Wakil menteri kesehatan Dante Saksono Harbuwono bahwa saat ini kondisi keterisian tempat tidur atau BOR di rumah sakit di Jakarta mulai terkendali.

“Ada kabar baik di BOR ini sudah mulai flat di Jakarta, ini mungkin karena penambahan tempat tidur yang signifikan,” katanya saat konferensi pers secara virtual, Sabtu (17/7).

Dante menambahkan, penambahan jumlah tempat tidur juga terus dilakukan. Seperti di wisma haji, RS Cipto Mangunkusumo dan juga RS Jakarta.

“Ada penambahan tempat tidur sebanyak 1.000 di wisma haji, ini ada 900 tempat tidur isolasi dan 100 tempat tidur isolasi ini bekerja sama kemenag dan kemenkes kemudian juga BUMN,” ungkapnya.

“300 tempat tidur di RS Cipto Mangunkusomo. Kemudian terdapat 300-400 di beberapa RS di Jakarta. Sehingga total 2.000 diseluruh Jakarta kerja sama PUPR membangun rumah sakit lapangan di Bandung, Jawa tengah,” tambahnya.

Secara khusus Dante berharap, beberapa hari kedepan tidak terjadi penambahan kasus secara masif sehingga keterisian tempat tidur dapat terkendali.

(SEL)