Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Juru Wabah : Covid-19 Belum Ada Obatnya, Jaga Prokes dan Vaksin!

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pakar ilmu epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono menegaskan bahwa satu-satunya bisa selamat dari serangan virus korona atau Covid-19 adalah dengan memastikan penerapan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan tersebut adalah perilaku 3 M, antara lain ; menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, pemberian vaksin juga bisa dilakukan untuk meminimalisir serangan virus dari Wuhan, China, itu.

“Pandemi diatasi dengan vaksin dan 3M,” kata Pandu, Minggu (18/7).

Influencer yang mengenalkan diri sebagai juru wabah di media sosialnya itu menilai, pembagian obat-obatan kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) adalah opsi yang tidak tepat.

Karena ditegaskan dr Pandu, sejauh ini belum ada obat yang benar-benar terbukti menjadi media penyembuh dari penyakit akibat virus korona.

“Bukan dengan distribusi obat ke rakyat. Ingat SarsCov2 adalah virus penyebab Covid-19 belum ada obatnya,” ujarnya.

Ditegaskan Pandu, bahwa masyarakat Indonesia saat ini tidak memerlukan obat-obatan untuk mengatasi Covid-19, akan tetapi pemberian vaksin secara merata dan cepat.

“Rakyat tidak perlu minum obat, tapi perlu divaksinasi agar tidak kena Covid yang parah dan berakhir dengan kematian,” pungkasnya. (MIB)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru