HOLOPIS.COM, JAKARTA –  Tubuh sangat membutuhkan tidur yang cukup, terutama bila seharian beraktivitas. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7 jam dalam satu hari. Namun banyak yang menyepelekan jam tidur ini, ternyata dampaknya tidak main-main. 

Kurang tidur ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit, mulai dari obesitas, diabetes tipe 2, hingga penurunan fungsi kognitif bahkan penyakit jantung. Simak ulasan berikut ini, agar mengetahui bahaya tidur kurang dari 7 jam dalam sehari bagi kesehatan, seperti dikutip Holopis.com dari situs resmi Halodoc, Kamis (23/3).

Masalah Kesehatan Akibat Tidur Kurang Dari 7 Jam : 

Untuk membantu mengembalikan energi tubuh agar beraktivitas dapat berjalan dengan lancar keesokan harinya, tidur adalah cara yang paling dibutuhkan tubuh. Tidur kurang lebih 7 sampai 9 jam dalam sehari adalah waktu yang disarankan bagi orang dewasa, sayangnya banyak yang menyepelekan bahkan memiliki waktu tidur yang kurang dari 7 jam. Ketahuilah bahaya yang mengintai akibat sering tidur kurang dari 7 jam.

1. Obesitas

Resiko kelebihan berat badan atau obesitas, muncul ketika begadang atau kurang tidur. Pasalnya tubuh otomatis melepaskan hormon leptin, yang bertugas untuk menekan nafsu makan serta mendorong penggunaan energi pada saat tidur tepat waktu. Sebaliknya, saat kurang tidur atau begadang tubuh malah akan melepaskan banyak hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan.

2. Diabetes Tipe 2

Meningkatnya resiko diabetes tipe 2, dapat disebabkan oleh tidur kurang dari 7 jam. Pasalnya saat tidur terjadi pengaturan glukosa dan metabolisme, jika tubuh kurang beristirahat maka proses pengaturan tersebut akan terganggu, tak hanya itu kurang tidur 7 jam dalam sehari juga dapat meningkatkan kortisol yang menyebabkan sel lebih resisten terhadap insulin.

3. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh 

Dampak kesehatan lain yang dapat muncul akibat tidur kurang dari 7 jam adalah gangguan sistem imunitas, orang yang tidur dengan durasi singkat dan kurang dari waktu yang dianjurkan, cenderung memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh sangat mudah dan rentan terserang penyakit, tak hanya itu tubuh akan sulit untuk pemulihan.

4. Stres

Tidur kurang dari 7 jam sehari dapat membuat stres, memiliki kualitas tidur yang buruk dapat berdampak pada masalah kesehatan mental seseorang. Hal ini menyebabkan mudah stres, tak hanya itu kurang tidur dapat menyebabkan seseorang kurang fokus, mudah lelah, dan mudah marah.

Cara Atasi Kurang Tidur : 

sleep
[dok Freepik]

Penting untuk memastikan tubuh cukup tidur dalam sehari setidaknya 7 jam, sangat penting untuk menyadari bahwa tubuh membutuhkan istirahat yang cukup serta bahaya bila tidur kurang dari 7 jam dalam sehari. Jika menyadari pentingnya kesehatan serta menghindari bahaya kesehatan, maka dengan begitu akan mengurangi resiko terkena penyakit akibat kurang tidur.

Jauhkan gadget sebelum tidur, sinar dari layar gadget menghasilkan blue light yang dapat mengganggu kualitas tidur anda serta membuat sulit tidur. Buatlah suasana tempat tidur senyaman mungkin, agar mendapat kualitas tidur yang baik setiap malam. Adapun bila terbangun di malam hari, segera kembali tidur dan jangan melihat jam karena hal ini akan membuat otak secara otomatis menghitung sudah berapa lama kita tertidur, dan membuat sulit untuk kembali tidur.