HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batuk adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing, seperti kuman, virus, debu, atau zat iritatif, dari dalam saluran pernapasan sebagai mekanisme pertahanan tubuh kita. Namun batuk berkepanjangan dan tak kunjung sembuh, akan sangat mengganggu kegiatan kita dan membuat tak nyaman.

Simak ulasan berikut ini, mengenai terapi terbaik yang dapat kamu lakukan di rumah guna mengurangi serta menghilangkan batuk. Berikut penjelasan lengkap seperti dikutip Holopis.com dari YouTube SB30 Health, Sabtu (18/3).

Hal yang Harus Diterapkan serta Dihindari: 

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, rendah lemak, dan protein yang cukup akan membantu meredakan batuk anda. Konsumsilah sayuran-mayur dan buah-buahan seperti kol, seledri, lobak daikon, bawang putih, jamur kancing, bawang bombay, bawang prei, rumput laut, apel pisang, jeruk bali, jeruk, pir, persik, kacang almond, serta madu.

2. Hindari Konsumsi Makanan Peningkat Lendir atau Mucus

Mengkonsumsi produk olahan makanan dari susu, dapat memperburuk keadaan batuk anda. Pasalnya, konsumsi makanan berbahan dasar susu dapat meningkatkan produksi lendir atau mucus selama masa batu. Adapun makanan yang dingin juga perlu dihindari saat batuk, tak hanya itu saat mengalami batuk yang tak kunjung sembuh, hindarilah konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan mengandung tepung-tepungan serta minuman yang bersoda selama proses penyembuhan batuk.

3. Hindari Kebiasaan Buruk Pemicu Batuk

Batuk berkepanjangan dan sulit sembuh, bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan buruk yang anda lakukan. Jarang disadari merokok, konsumsi alkohol, dan kafein selama batuk dapat memperburuk keadaan anda. Tak hanya itu kebiasaan seperti sering stress, cemas berlebih, dan gejolak emosional akan memperburuk batuk yang diderita, adapun exposure atau terlalu terpapar udara selama mengalami batuk, akan mempengaruhi kinerja bronkus menjadi sempit sehingga memperburuk keadaan batuk.

Terapi Penyembuhan Batuk Berdasarkan Jenisnya:

1. Penyembuhan Batuk Kering

Ketika mengalami batuk kering yang tak kunjung sembuh, anda dapat mencincang satu kol hijau dan satu kol merah serta satu buah irisan buah pir, kemudian direbus kurang lebih 30 menit dengan takaran enam gelas air, hasil rebusan kemudian disaring serta dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Penyembuhan Batuk Berlendir Kuning yang Sulit Dikeluarkan

Ketika mengalami batuk berlendir kuning, akan membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Berikut cara penanganannya, buatlah jus dari satu buah lobak daikon, serta rebusan kacang almond atau chestnut, jus tersebut kemudian dihangatkan, dan dikonsumsi dengan satu sendok teh madu. Perlu diingat bahwa tidak dianjurkan sama sekali untuk mencampurkan es, susu, maupun gula. Konsumsilah sebanyak tiga kali sehari, guna mengurangi lendir kuning dan batuk anda.