HOLOPIS.COM, KUPANG – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), akan mendukung berlangsungnya KTT ASEAN 2023 di Indonesia dengan menyediakan sebanyak 100 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Labuan Bajo.

Menurut General Manager PLN UIW NTT, Fintje Lumembang. Nantinya, SPKLU tersebut akan melani 275 unit kendaraan listrik yang akan digunakan selama legiatan berlangsung.

“PLN menyediakan 100 unit SPKLU untuk melayani 275 unit kendaraan mobil listrik yang mengangkut para delegasi maupun mobil untuk pengamanan dan kendaraan operasional serta 105 unit sepeda motor untuk patroli dan pengawalan,” jelasnya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (16/3).

Lokasi 100 SPKLU tersebut, akan terpasang dibebeapa lokasi seperti kantor Bupati dan juga beberapa lokasi lainya yang sudah dilengkapi berbagai alat pendukung.

“Unit-unit SPKLU ini dipasang secara menyebar di lokasi parkir di Kantor Bupati Manggarai Barat maupun di Kampung Ujung yang dilengkapi dengan peralatan pendukung seperti UPS, unit gardu bergerak, genset, dan material pendukung lainnya,” kata Fintje.

100 SPKLU akan terdiri dari SPKLU ultra fast charging dan SPKLU slow charging. Fintje mengatakan, khusus untuk SPKLU ultra fast charging,  disediakan sebanyak 7 unit yang didatangkan dari unit luar NTT seperti dari Bali, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Selain itu, PLN juga mengerjakan sejumlah item kelistrikan seperti transmisi, distribusi, dan kehandalan pasokan listrik di semua venue KTT ASEAN.

Kemudian, juga dilakukan percepatan penyediaan sarana komunikasi dan scada (supervisory control and data acquisition) serta penyaluran listrik ke kawasan Tanamori yang menjadi salah satu titik kegiatan.