Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

WNA Rusia dan Ukraina Kerap Berulah di Bali, Begini Langkah Gubernur Koster

HOLOPIS.COM, DENPASAR – Gubernur Bali, I Wayan Koster nampaknya mulai geram dengan ulah warga negara asing (WNA) yang kerap melakukan pelanggaran di wilayah kepemimpinannya, khususnya WNA asal Rusia dan Ukraina.

Sebagai tindak lanjutnya, Koster meminta agar Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) segera mencabut Visa on Arrival para turis asing yang berasal dari kedua negara tersebut.

Dia menegaskan, bahwa pihaknya telah mengirimkan surat terkait hal tersebut kepada Menkumham, Yasonna H. Laoly dan Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi.

“Saya sudah bersurat kepada Menteri Hukum dan HAM tembusan Menlu, untuk mencabut visa on arrival bagi warga Rusia dan Ukraina,” kata Koster dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (13/3).

Koster menjelaskan, bahwa WNA asal kedua negara tersebut kerap kali melakukan pelanggaran, utamanya terkait izin tinggal. Banyak dari mereka yang menggunakan visa wisata, namun pada kenyataannya malah menetap di Bali.

“Kenapa 2 negara ini, karena sedang perang sehingga banyak yang datang ke Bali tidak hanya berwisata tapi bekerja,” kata Koster.

Koster pun menegaskan, bahwa permintaan pencabutan visa on arrival bukan untuk seluruh negara, melainkanhanya kepada kedua negara tersebut, yang selama ini banyak melakukan pelanggaran.

“Untuk negara lain tidak kami lakukan (pengajuan pencabutan visa on arrival) karena pelanggaranya tidak sebanyak yang dilakukan oleh warga asing kedua negara tersebut,” tambah Koster

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu juga menyinggung terkait kepemilikian KTP Denpasar oleh dua orang WNA. Dia mengatakan, bahwa hal tersebut sedang dalam penyelidikan lebih lanjut.

“Jangan-jangan ini ada rentetan yang panjang dan melibatkan banyak pihak, sehingga jika sekarang dideportasi informasi itu akan putus,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru