Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Begini Cara Dapatkan Subsidi Kendaraan Listrik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Subsidi kendaraan listrik sudah dipastikan oleh pemerintah, dihadirkan saat pembelian kondaraan listrik baru. Tapi, bagi Sobat Holopis yang ingin dapat subsidi kendaraan listrik harus tahu dulu syaratnya.

Pertama, Sobat Holopis bisa langsung datang ke dealer kendaraan listrik yang melayani penjualan. Kemudian, dealer akan melakjkan pengecekan melalui NIK (Nomor Induk Kependudukan) di KTP (Kartu Tanda Penduduk).

“Calon pembeli datang dan dealer akan memeriksa NIK pada KTP di situ nanti akan dilihat apakah dia calon pembeli ini, berhak mendapatkan bantuan,” jelas Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/3).

Jika data Sobat Holopis cocok dengan sistem yang ada dan dinyatakan berhak mendapatkan subsidi, harga motor akan langsung secara otomatis terpotong dengan besaran subsidi yang diberikan pemerintah.

“Apabila setelah dicek dalam sistem mereka berhak mendapat bantuan maka pembeli akan langsung mendapatkan potongan harga. Dealer menginput sesuai prosedur dan mengajukan klaim insentif ke bank Himbara,” sambung Menperin.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah siap menerapkan insentif kendaraan listrik, baik motor listrik maupun mobil listrik. Kebijakan tersebut menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan akan dimulai pada 20 Maret 2023.

“Sebenarnya ini masalah yang tidak terlalu sulit, dan kini semua sudah satu suara,” ujarnya saat konferesi pers Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. “Saya juga ingin saya sampaikan efektif di 20 Maret bulan ini,” ujar Luhut yang dikutip Holopis.com dalam konferensi pers, Senin (6/3).

Menurut Luhut, kebijakan tersebut bisa terealisasi setelah beberapa Kementerian dan instansi terkait sudah sepakat dengan rencana tersebut.

Insentif ini bertujuan, untuk mempercepat industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di Indonesia.

Percepatan tersebut juga dilakukan, untuk mendorong efisiensi dan ketahanan energi, serta terwujudnya kualitas udara bersih dan ramah lingkungan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru