HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sering kali banyak orang berlomba-lomba menurunkan berat badan, dengan berbagai cara yang ditawarkan mulai dari cara alami sampai yang paling ekstrem. Semua hal itu, dilakukan karena rasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya dan ingin mengejar standar kecantikan atau ketampanan yang beredar.

Namun impian ingin menurunkan berat badan, wajib dibarengi dengan konsisten dan cara yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Berat badan yang tak kunjung turun mungkin karena cara yang salah dalam usaha menurunkan berat badan. Lakukanlah dengan tepat dan sesuai dengan anjuran dokter, jangan tergiur dengan tawaran menurunkan berat badan dengan instan yang belum teruji karena berbahaya.

Berikut ini penyebab mengapa kamu sulit menurunkan berat badan, telah dirangkum khusus untuk sobat Holopis, penjelasan terpercaya langsung dari ahlinya Dr. Sungadi Santoso dalam unggahan YouTube, Selasa (7/3).

1. Kurang Minum Air Putih

Mengapa kurang minum air putih dapat menjadi penyebab berat badan sulit turun, pasalnya tubuh memerlukan air atau cairan yang berfungsi membantu proses metabolisme serta mengurangi rasa lapar. Maka jika jarang mengkonsumsi air putih, otomatis tidak ada penahan rasa lapar sehingga tubuh terus merasa lapar dan ingin makan terus-menerus, hal inilah yang menyebabkan berat badan sulit turun.

Dosis cairan atau air yang dibutuhkan tubuh, masing-masing orang akan berbeda maka disarankan untuk mengkonsumsi air sebanyak 40 cc/ml x berat badan kita. Namun jika melakukan banyak aktivitas yang berat maka, boleh dosis minum dapat dinaikkan menjadi 50 cc/ml x berat badan.

2. Kekurangan Kebutuhan Protein

Protein dalam tubuh sangat berperan penting sebagai pembentuk masa otot. Maka jika kita kekurangan protein dalam tubuh, masa otot pun akan ikut turun sehingga menyebabkan pembakaran lemak dalam tubuh berkurang akibat masa otot yang kurang. Ketika masa otot bagus, pembakaran lemak dalam tubuh akan sempurna dan mempercepat proses penurunan berat badan.

Biasanya kekurangan protein disebabkan oleh proses diet yang gagal, mengurangi jumlah makanan yang ekstrim dan tidak dianjurkan oleh dokter karena ingin mempercepat penurunan berat badan. Hal ini tentu salah, dan tak patut dilanjutkan jika masih dilakukan, selain sulit menurunkan berat badan ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu.

3. Asupan Kalori yang Tidak Tepat

Asupan kalori yang tidak tepat tentu saja dapat mempersulit berat badan turun, pasalnya percuma ketika berolahraga secara berlebihan namun dibarengi dengan nafsu makan yang besar pula. Hal ini tentu akan membuat tubuh, mendapat jumlah kalori yang tidak tepat dan mempersulit penurunan berat badan.

Diet yang ketat, sangat berbahaya alih-alih mendapatkan tubuh ideal atau berat badan turun, anda justru akan terserang penyakit akibat kalori yang tidak tepat dalam tubuh. Karena itu, ketika melakukan diet, usahakanlah untuk selalu memenuhi kalori yang dibutuhkan tubuh dan tidak perlu memangkas seluruh kalori.

4. Makan Berlebihan Setelah Olahraga

Penurunan berat badan akan sulit dikarenakan oleh olahraga yang berlebihan, disebabkan oleh tubuh yang banyak melakukan pergerakan atau aktivitas dan kelelahan akan mudah lapar, hal inilah yang mempersulit anda menurunkan berat badan.

Olahraga adalah salah satu cara terbaik mengurangi berat badan, namun ketika anda melakukannya secara berlebihan dan tidak teratur, itu akan sia-sia karena sama saja memaksa tubuh untuk beraktivitas dan kemudian merasa lapar berlebihan setelahnya. Lakukanlah sesuai yang dianjurkan oleh para ahli, dan dengan berkalah atau teratur maka tak akan menimbulkan rasa lapar berlebih. 

5. Stress

Tak banyak yang sadar kalau stress dapat menyebabkan anda sulit menurunkan berat badan, hal ini terjadi karena ketika seseorang merasa stress maka dapat meningkatkan hormon neuropeptide y (NPY). Hormon ini akan terus dikeluarkan, didalam tubuh selama anda merasa stress.

Hormon neuropeptide y (NPY) sendiri, memicu nafsu makan selama anda stress. Maka kurangilah stress atau pikiran berlebihan yang dapat memunculkan hormon NPY, yang akan membuat anda sulit menurunkan berat badan karena nafsu makan yang terus bertambah setiap stress atau banyak pikiran.

6. Menghabiskan Banyak Waktu Menonton Film

Menonton Film yang terlalu sering dan dalam durasi waktu yang lama, dapat menjadi penyebab berat badan sulit berkurang. Hal ini akan memicu, anda terus bersantai dan menikmati cemilan dan minuman tanpa mengenal waktu dan batasan mengkonsumsi cemilan.

Hal tersebutlah yang menyebabkan berat badan sulit turun, jadi batasilah jam menonton atau membuang-buang waktu didepan TV sepanjang hari. Tak hanya itu, kebiasaan tersebut akan berdampak buruk bagi tubuh yang terlalu lama duduk, mata yang dipaksa untuk terus menatap layar, serta mulut yang tak berhenti mengunyah cemilan.

Memiliki tubuh ideal adalah impian semua orang, namun dengan cara salah menurunkan berat badan juga sangat tidak dianjurkan dan ada baiknya selalu mengikuti petunjuk dokter. Percaya diri adalah kunci utama agar tidak merasa minder dengan penampilan fisik orang lain serta mensyukuri apa yang ada pada kita. Menurunkan berat badan akan berhasil dengan, konsisten dan sesuai dengan anjuran agar tubuh tetap seimbang selama menjalankan program penurunan berat badan.