Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Potensi gelombang tinggi yang mencapai 6 (enam) meter, menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) berpeluang terjadi di wilayah perairan Indonesia pada 6 – 7 Maret 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menjelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Kemudian, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

“Waspada gelombang tinggi hingga enam meter pada 6-7 Maret 2023. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara dan Laut Arafuru,” kata Eko dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Senin (6/3).

Pola angin yang terjadi di kedua wilayah tersebut, membuat gelombang tinggi meningkat 1,25 – 2,5 meter yang terjadi dibeberapa wilayah perairan. Seperti perairan Pulau Simeulue-Kep. Mentawai, perairan Enggano-barat Lampung.

Kemudian di Samudra Hindia Barat Sumatra-Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten-Pulau Sumba. Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa-NTT, perairan Pulau Sawu, perairan selatan Kep. Anambas-Kepulauan Natuna, Laut Natuna, perairan timur Pulau Lingga-Pulau Bintan, perairan utara Pulau Bangka-Belitung.

Selanjutnya di Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, Selat Makasar bagian selatan, perairan Pulau Selayar-Sabalana, Laut Flores, Laut Banda, perairan Sermata-KepulauanTanimbar, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud diperkirakan alami kondisi yang sama.

Lalu di laut Maluku, perairan utara Kepulauan Sula, perairan barat dan timur Halmahera, Laut Halmahera, Laut Seram, perairan utara Papua Barat-Papua, Samudra Pasifik Utara Halmahera-Papua.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2,50-4 meter berpeluang terjadi di perairan utara Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, perairan selatan Kepulauan Aru, Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Sedangkan, untuk gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4-6 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkas Eko.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru