Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

BMKG Imbau Wisatawan Waspada Hujan dan Gelombang Tingi di Bali

HOLOPIS.COM, DENPASAR – BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) mengimbau para wisatawan di Bali waspada, dengan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dalam periode 2 – 3 Maret 2023.

Dikutip Holopis.com dari laman BMKG, Kamis (2/3), hujan yang disertai petir diperkirakan turun di wilayah Tanah Lot, Ubud, Kintamani, dan Besakih yang umumnya pada siang hari. Sedangkan di Nusa Dua, Kuta, Sanur, dan Bedugul diperkirakan turun hujan ringan juga pada siang hari.

Masyarakat di pulau Bali diimbau, untuk waspada dengan dampak cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi dalam periode tersebut. Hal tersebut disampaikan, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho.

“Himbauan BMKG kepada masyarakat antara lain, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat/petir,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (2/3).

Selain itu, Cahyo juga mengatakan gelombang tinggi diperkirakan terjadi di beberapa tempat wisata di Bali. Seperti, Nusa Dua yang diperkirakan berkisar antara 1–2,5 meter, di Kuta 1–2,5 meter, Tanah Lot 0,75–2,5 meter, dan di Sanur 0,5–1,25 meter.

Selain itu, selama 3 (tiga) hari kedepan, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diperkirakan berkisar antara 0,5–2,5 meter, di perairan selatan Bali 1–3,5 meter, di Selat Bali 0,75–3 meter, dan di Selat Lombok 0,75–3 meter.

“Potensi tinggi gelombang laut dapat mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, dan Samudera Hindia di bagian selatan Bali,” Jelas Cahyo.

BMKG juga memprediksi hujan ringan hingga hujan sedang turun di Bali pada 1–3 Maret, kemudian angin umumnya bertiup dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan berkisar 5–45 kilometer per jam.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru