HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menegaskan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang belakangan makin sering berulah hanyalah kelompok yang kecil dan tidak berarti.

Kelompok yang sebelumnya telah dicap sebagai teroris ini pun menurut Yudo Margono, hanyalah kelompok yang sengaja dibesar-besarkan oleh kelompok tertentu.

“Jadi ini sebagian kecil. Jangan dianggap ini kelompok besar. Itu terlalu dibesar-besarkan kadang-kadang,” kata Yudo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (22/2).

Yudo kemudian bahkan menyebut KKB adalah kelompok premanisme yang hanya berorientasi pada uang semata dan tanpa ada tujuan lainnya.

“Kalau di Indonesia, di Jawa, atau di luar daerah, ini kayak premanisme, hanya menekan masyarakat meminta uang. Nanti kalau pas kehabisan duit naik lagi, mengganggu lagi, bakar-bakar lagi, makan korban lagi. Begitu terus dari dulu,” klaimnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut itu pun kemudian menekankan agar masyarakat tidak lagi ikut membesar-besarkan permasalahan KKB Papua dan membuat mereka menjadi besar kepala.

“Menurut saya, jangan dibesar-besarkan. Masalah Papua ini tidak usah dibesar-besarkan. Nanti, kalau dibesar-besarkan, dia semakin senang,” pintanya.