JAKARTA, HOLOPIS.COM – Untuk menambah ruang isolasi terpusat untuk para pasien Covid-19 dengan gejala, pemerintah terus mempersiapkan tower-tower yang belum terpakai. Salah satunya adalah rumah susun (rusun) Pasar Rumput di bilangan Jakarta Selatan.

Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito, Presiden Joko Widodo meninjau langsung rusun Pasar Rumput.

Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju tower satu, lalu naik menuju lantai 8 yang nantinya akan diperuntukkan bagi para pasien. Sementara itu, akomodasi untuk para tenaga kesehatan akan disiapkan di lantai 4.

Setidaknya, rusun Pasar Rumput sendiri terdiri atas tiga tower. Tower pertama yang dicek Presiden telah siap digunakan dengan kapasitas 2.060 tempat tidur. Jika ditambah dengan tower kedua dan ketiga yang akan siap dalam 2-3 hari ini, maka kapasitas total mencapai 5.950 tempat tidur.

“Tower 1 sudah siap untuk dipakai sebanyak 2.060 tempat tidur. Tower 2 dan 3 sebanyak 5.950 akan siap dalam 2 sampai 3 hari ini,” kata Presiden Jokowi dalam keterangannya, Rabu (7/7) malam.

Pengecekan Rusun Pasar Rumput ini diharapkan menjadi kesiapsiagaan pemerintah jika memang nantinya terjadi lonjakan kasus kembali dan daya tampung tempat isolasi terpusat di wilayah lain mengalami over-capacity.