HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin menyoroti kasus gagal ginjal akut yang kembali muncul belakangan ini. Padahal, kasus penyakit yang diduga disebabkan oleh obat sirop itu sempat berhenti usai menewaskan ratusan anak di Indonesia.

Terkait hal tersebut, Ma’ruf mengaku telah memerintahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) untuk mencari tahu penyebab pasti penyakit gagal ginjal akut tersebut.

“Kita sudah minta Kementerian Kesehatan dan Badan POM terus melakukan pengawasan dan penertiban, selain obat, kalau bukan obat sirup, cari lagi sumbernya sampai ketemu,” kata Ma’ruf dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (10/2).

Ma’ruf mengakui bahwa penyelidikan kasus ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan waktu dan investigasi mendalam untuk menghasilkan sebuah kesimpulan yang akurat.

Selama masa penyelidikan berlangsung, Ma’ruf meminta Kemenkes selaku Kementerian yang bertugas di bidang kesehatan untuk bergerak proaktif, dengan memberikan bantuan moril dan semangat kepada keluarga korban sebagai bentuk empati pemerintah.

“Kita minta Kementerian Kesehatan untuk menyantuni orang-orang yang terkena itu,” pinta dia.

Ma’ruf menegaskan pemerintah menaruh perhatian serius terhadap kasus gagal ginjal akut pada anak. Ia pun berkomitmen menyelidiki kasus ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

“Terus dilakukan penelusuran ya, apa hal yang menyebabkan ini,” tukasnya.