HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kata star syndrome sebenarnya sudah lama diketahui banyak orang. Namun kondisi ini sekarang sedang menjadi perbincangan hangat karena dikait-kaitkan dengan seorang influencer yang sedang naik daun, Ria Ricis.

Dikutip Holopis.com dari halodoc, Jumat (10/1), Star Syndrome adalah kondisi dimana seseorang merasa dirinya sempurna dan terkenal. Jika membahas dari segi medis, kondisi ini dikenal sebagai gangguan kepribadian narsistik.

Bagaimana sih ciri-ciri dari Star Syndrome? Berikut gejala-gejala dan ciri seseorang yang terkena Star Syndrome ;

Perasaan Superior Berlebihan

Superior adalah ciri dari narsisme. Bukan sekedar rasa sombong saja, biasanya orang-orang ini merasa superior dengan cara yang tidak realistis.

Mereka merasa unik istimewa, dan hanya dipahami orang-orang yang spesial juga. Mereka juga cenderung merasa lebih baik dibandingkan orang lain dan ingin pengakuan tersebut.

Hidup di Dunia Fantasi

Biasanya mereka yang memiliki sindrom ini hidup di dunia fantasi. Mereka sering putar fantasi mengenai kesuksesan dan daya tarik yang tak terbatas.

Fantasi ini juga melindungi pengidap sindrom ini dari rasa malu, karena itu lah pendapat yang tidak sejalan dengan mereka biasanya diabaikan atau dirasionalisasi.

Butuh Terus-terusan Dipuji

Karena punya perasaan superior yang tinggi, mereka perlu banyak asupan ego untuk tetap mengembang dan membuatnya merasa di atas.

Merasa Berhak Atas Apapun

Karena orang yang mengidap Star Syndrome menganggap diri mereka sendiri istimewa, mereka pun mengharapkan perlakuan yang baik dan spesial dari orang lain.

Mengekspolitasi Orang Lain Tanpa Rasa Bersalah

Jika seseorang mengidap Star Syndrome, biasanya mereka tidak bisa berempati dengan orang lain. Karena mereka hanya fokus pada kehidupan sendiri yang harus dilayani oleh orang lain. Mereka juga tidak akan ragu memanfaatkan orang lain.

Sering Merendahkan atau Meremehkan Orang Lain

Mereka tidak ragu untuk mengucilkan orang lain agar tetap mempertahankan posisi mereka sendiri.

Mereka tidak akan ragu untuk menggunakan cara-cara intimidasi, ejekan, dan hinaan untuk menyerang orang lain.

Ditangani ke Ahli Kejiwaan

Jika Sobat Holopis mengenali seseorang yang cenderung memiliki kepribadian narsistik hingga dicurigai mengidap Star Syndrome, kondisi ini bisa dikonsultasikan ke psikolog atau psikiater.

Terapi dari ahlinya dipastikan bisa memperbaiki hubungan seseorang dengan diri sendiri, maupun orang lain.