Selasa, 25 Juni 2024
BerandaKesehatanRuang HealingApa Itu Star Syndrome? Tudingan Bunga Zainal untuk Ria Ricis

Apa Itu Star Syndrome? Tudingan Bunga Zainal untuk Ria Ricis

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kata star syndrome sebenarnya sudah lama diketahui banyak orang. Namun kondisi ini sekarang sedang menjadi perbincangan hangat karena dikait-kaitkan dengan seorang influencer yang sedang naik daun, Ria Ricis.

Dikutip Holopis.com dari halodoc, Jumat (10/1), Star Syndrome adalah kondisi dimana seseorang merasa dirinya sempurna dan terkenal. Jika membahas dari segi medis, kondisi ini dikenal sebagai gangguan kepribadian narsistik.

Bagaimana sih ciri-ciri dari Star Syndrome? Berikut gejala-gejala dan ciri seseorang yang terkena Star Syndrome ;

Perasaan Superior Berlebihan

Penerbit Iklan Google Adsense

Superior adalah ciri dari narsisme. Bukan sekedar rasa sombong saja, biasanya orang-orang ini merasa superior dengan cara yang tidak realistis.

Mereka merasa unik istimewa, dan hanya dipahami orang-orang yang spesial juga. Mereka juga cenderung merasa lebih baik dibandingkan orang lain dan ingin pengakuan tersebut.

Hidup di Dunia Fantasi

Biasanya mereka yang memiliki sindrom ini hidup di dunia fantasi. Mereka sering putar fantasi mengenai kesuksesan dan daya tarik yang tak terbatas.

Fantasi ini juga melindungi pengidap sindrom ini dari rasa malu, karena itu lah pendapat yang tidak sejalan dengan mereka biasanya diabaikan atau dirasionalisasi.

Butuh Terus-terusan Dipuji

Karena punya perasaan superior yang tinggi, mereka perlu banyak asupan ego untuk tetap mengembang dan membuatnya merasa di atas.

Merasa Berhak Atas Apapun

Karena orang yang mengidap Star Syndrome menganggap diri mereka sendiri istimewa, mereka pun mengharapkan perlakuan yang baik dan spesial dari orang lain.

Mengekspolitasi Orang Lain Tanpa Rasa Bersalah

Jika seseorang mengidap Star Syndrome, biasanya mereka tidak bisa berempati dengan orang lain. Karena mereka hanya fokus pada kehidupan sendiri yang harus dilayani oleh orang lain. Mereka juga tidak akan ragu memanfaatkan orang lain.

Sering Merendahkan atau Meremehkan Orang Lain

Mereka tidak ragu untuk mengucilkan orang lain agar tetap mempertahankan posisi mereka sendiri.

Mereka tidak akan ragu untuk menggunakan cara-cara intimidasi, ejekan, dan hinaan untuk menyerang orang lain.

Ditangani ke Ahli Kejiwaan

Jika Sobat Holopis mengenali seseorang yang cenderung memiliki kepribadian narsistik hingga dicurigai mengidap Star Syndrome, kondisi ini bisa dikonsultasikan ke psikolog atau psikiater.

Terapi dari ahlinya dipastikan bisa memperbaiki hubungan seseorang dengan diri sendiri, maupun orang lain.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Sering Overthinking di Malam Hari? Ternyata Ini Alasannya!

Overthinking atau terlalu banyak berpikir sering kali menjadi teman yang tidak diundang ketika malam tiba. Banyak orang mengalami kondisi ini, di mana pikiran-pikiran mereka terus berputar tanpa henti, sehingga mengganggu waktu istirahat.

Wah, Ternyata Dampak Daddy Issues Juga Bisa Dirasakan Anak Laki-laki

Fenomena ‘daddy issues’ saat ini sedang kerap kali dibahas, terutama oleh generasi millennial dan Gen Z yang melek terhadap media sosial.

Mau Selingkuh Aman dan Efektif, Begini Caranya

Perselingkuhan merupakan salah satu masalah yang kerap menghantui hubungan asmara antar anak Adam dan Hawa. Selingkuh sangat mungkin dilakukan oleh pasangan yang sudah menikah maupun yang masih dalam tahap pacaran.

5 Faktor Kasus Perundungan Masih Sering Terjadi

Kasus tentang perundungan di sekolah kembali viral di media sosial. Kali ini, kasus perundungan atau pembullyan terjadi di sebuah sekolah dasar (SD) di Ambon.

Fenomena Kerasukan di Indonesia, Diganggu Makhluk Halus Atau Skizofrenia?

Kesurupan dan skizofrenia adalah dua kondisi yang seringkali menjadi fokus perhatian dalam bidang psikologi. Meskipun keduanya memiliki gejala yang berbeda, ada beberapa perspektif psikologis yang menghubungkan kedua kondisi ini.

Cara Efektif Kelola Stres dan Kecemasan

Di era modern yang penuh dengan tuntutan dan kesibukan, stres dan kecemasan menjadi momok bagi banyak orang. Rasa cemas yang berlebihan dan stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik.

HOLOPIS FEEDS