Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tak Hanya Kontak Fisik, Rayuan Juga Bagian dari Kekerasan Seksual pada Anak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemberitaan mengenai kasus kekerasan seksual pada anak belakangan ini terus meningkat. Hal ini pun menjadi kekhawatiran banyak pihak, mengingat kekerasan seksual pada anak bisa memberikan dampak yang panjang, dan berpotensi merusak masa depan si anak.

Karena itu, masyarakat terutama orang tua, harus mengenali bagaimana bentuk-bentuk kekerasan seksual yang bisa terjadi pada anak.

Ketua Satgas Perlindungan Anak (Ikatan Dokter Anak Indonesia) IDAI, Eva Devita menekankan bahwa kekerasan seksual pada anak tidak hanya berbentuk kontak fisik, namun juga termasuk rayuan, paksaan, hingga difoto saat mengenakan pakaian minim.

“Tidak hanya kontak fisik, kontak non fisik atau visual itu juga termasuk kekerasan seksual. Menyentuh bagian privasi anak, atau anak diminta sentuh bagian privasi orang dewasa, atau difoto dalam kondisi berpakaian minim, termasuk kekerasan seksual pada anak,” kata Eva kepada Holopis.com, Kamis (9/2).

Eva juga mengingatkan bahwa anak-anak biasanya masih tidak memahami apa yang termasuk kekerasan seksual dan mana yang tidak.

Karena itulah, Eva mengimbau orang tua agar memberikan edukasi seks kepada anak sejak usia dini.

Edukasi seks yang diberikan seperti memberitahu mana bagian-bagian tubuh yang privat dan mana yang tidak boleh dilihat orang lain dan mana yang boleh.

“(Ajari) nggak boleh dicium bibirnya, dadanya, kemaluan, dan bokongnyua, hanya ibunya yang boleh ceboki, ayahnya, dan dokter. Selebih itu tidak boleh,” kata Eva.

Anak juga harus diajarkan untuk bereaksi dan meminta bantuan kepada orang dewasa terdekat jika ia melihat gelagat yang mencurigakan dari orang dewasa.

“Jika ada orang ingin megang atau foto, maka anak harus diedukasi lari, berteriak, dan melapor ke orang dewasa terdekat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru