Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizLuhut Beri Sinyal Pengumuman Subsidi Kendaraan Listrik

Luhut Beri Sinyal Pengumuman Subsidi Kendaraan Listrik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sinyal perihal insentif atau subsidi untuk kendaraan listrik alias electric vehicle (EV).

Dia mengatakan, bahwa pemerintah akan segera mengumumkan subsidi kendaraan yang diklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan itu.

Adapun subsidi tersebut kata Luhut, selain diberikan untuk motor listrik, juga akan diberikan untuk motor listrik hasil konversi dari sepeda motor biasa, dengan besaran sekitar subsidi sekitar Rp7 juta.

“Ada dua, satu yang convert dari motor biasa menjadi motor listrik, satu lagi yang motor listrik murni. Sudah ada angkanya kira-kira Rp7 juta, tepatnya nanti akan diumumkan resmi,” kata Luhut dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (26/1).

Kemudian untuk mobil listrik, pemerintah akan memberikan insentif berupa pengurangan pajak yang saat ini masih terbilang cukup tinggi, yakni di angka 11 persen.

“Mobil listrik insentifnya mungkin pajaknya yang 11 persen akan dikurangi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan bahwa pemerintah menargetkan porsi sepeda motor listrik mencapai 10 persen dari total populasi sepeda motor konvensional atau bensin dalam dua tahun kedepan atau pada tahun 2025 mendatang.

“Kita punya sepeda motor 130 juta, kita harus membuat populasi EV ini dari motor 10 persen dari jumlah itu dua tahun dari sekarang” ujar Luhut.

Untuk mencapai target tersebut, dia pun mendorong agar produsen otomotif segera meningkatkan produksi kendaraan listriknya.

Dia juga mempersilahkan masyarakat untuk membuat sepeda motor listriknya sendiri dengan mengonversi motor biasa. Namun hal itu harus dilakukan olen bengkel-bengkel yang sudah mendapat sertifikasi khusus.

“Jadi kalau anda mau bikin sepeda motor (listrik), silakan. Bikin saja, nanti ada dua insentif” kata Luhut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.