Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

POGI: Kasus COVID-19 Pada Ibu Hamil Meningkat, Diperlukan Vaksinasi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kasus Positif COVID-19 terus mengalami lonjakan yang sangat mengkhawatirkan. Data Kamis (1/07), 24 ribu lebih masyarakat terpapar Virus tersebut. Menyikapi data kasus COVID-19 yang mengalami peningkatan tinggi belakangan ini, pemerintah menetapkan PPKM darurat untuk membatasi pergerakan masyarakat di luar rumah, demi menekan angka penularan.

Sementara itu, kasus Covid-19 pada ibu hamil saat ini mengalami peningkatan. Ketua POGI, Ari Kusuma Januarto mengatakan, mayoritas ibu hamil yang terpapar Covid-19 tanpa gejala.

“Data yang kami kumpulkan dari POGI dari cabang-cabang sejak bulan April 2020 sampai April 2021 kita mendapatkan ada 536 ibu hamil yang terpapar Covid-19, dan dari 536 itu 51,9 persen mereka ini tanpa gejala atau OTG,” kata Ari dalam keterangan pers secara virtual, kamis (1/07).

Ari menambahkan, ibu hamil dapat tertular atau menularkan virus corona dari anggota keluarga karena berada dalam satu rumah, selain ibu hamil, dokter kandungan banyak yang meninggal dunia akibat Covid-19.

“Bahkan pada tenaga medis juga di mana kasus kematian dokter obgyn juga cukup banyak, sampai terakhir kami kumpulkan sudah mencapai 28 orang,” ujar dia.

Berdasarkan hal tersebut, Ari mengatakan, diperlukan perlindungan baru untuk ibu hamil agar terhindar dari penularan virus corona. Perlindungan yang dimaksud yakni vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

“Kita sedang mempersiapkan juga kmrn sudah ada rekomendasi POGI, tapi ini akan kuatkan rekomendasi untuk vaksinasi pada ibu hamil,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru