HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani menerima kunjungan dari Ketua Majelis Nasional Korea Selatan, Kim Jin-pyo di Gedung DPR, Kamis (19/1). Kunjungan tersebut, merupakan pertemuan resmi yang kedua setelah Puan dan delegasi DPR RI diterima Majelis Nasional Korea Selatan di Seoul pada 9 November 2022.

Puan berharap, dengan kunjungan ini bisa mempererat kerjasama bilateral Indonesia dan Korea. Termasuk, kerja sama antar Parlemen. Sebagai informasi, hubungan diplomatik Indonesia dan Republik Korea yang dimulai pada 1973 akan memasuki usia 50 tahun.

“Peringatan 50 tahun hubungan diplomatik ini harus menjadi momentum bagi peningkatan hubungan Indonesia-Korea di masa depan,” ujar Puan dalam keterangan yang diterima Holopis.com.

Dalam pertemuan ini, Puan juga meminta dukungan dari Korsel atas keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023. Secara khusus, ia juga mengharapkan dukungan Parlemen Korsel untuk DPR RI yang akan menjadi Ketua ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

“Saya harapkan dukungan dari National Assembly Korea terhadap keketuaan DPR RI tersebut,” kata Puan.

“Saya sampaikan apresiasi atas kedatangan bapak Speaker Kim Jin-pyo ke Gedung DPR RI. Semoga pertemuan ini bisa lebih meningkatkan hubungan bilateral kedua negara yang lebih erat lagi. Terima kasih, kamsahamnida,” lanjutnya.

Usai pertemuan resmi, Puan lalu mengajak Kim Jin-pyo beserta delegasi parlemen Korsel berkeliling di kompleks Gedung Parlemen Senayan. Delegasi Parlemen Korsel meninjau ruang rapat Paripurna di Gedung Kura-kura sambil mendengar penjelasan dari Puan, termasuk sejarah pembangunannya.

“Gedung DPR ini digagas oleh Presiden pertama RI bapak Ir. Sukarno pada tahun 1965.  Gedung ini mencerminkan adanya kepakan sayap burung yang akan terbang,” jelas Puan.