HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses merangkul gelar juara Malaysia Open 2023, usai mampu melewati hadangan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang di babak final dengan skor 21-18, 18-21 dan 21-13, Minggu (15/1).

Tampil di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Fajar/Rian tampil cukup agresif di set pertama, meski sempat tertinggal di awal-awal permainan.

Fajar/Rian juga mampu mendominasi perolehan angka hingga skor 19-13, namun ketika memasuki angka ke-20, pasangan nomor satu ganda putra Indonesia tersebut sempat tertahan meski pada akhirnya menang 21-18.

Kemudian pada set kedua, susul menyusul angka dari kedua pasangan terjadi, dimana Fajar/Rian yang sempat tertinggal di awal set, mampu membalikkan keadaan hingga pada skor 12-10, namun Fajar/Rian gagal mempertahankan dominasi tersebut hingga akhirnya kalah 18-21.

Momentum emas pun sebenarnya terjadi di set terakhir, Fajar/Rian berhasil mendominasi jalannya pertandingan, hingga perolehan poin melesat jauh sampai menang 21-13.

Dengan demikian, Fajar/Rian jadi satu-satunya wakil Indonesia yang mampu merangkul gelar juara Malaysia Open 2023.

Mengingat, dua wakil Indonesia yakni dari ganda campuran dan ganda putri, harus tumbang di babak semifinal.

Sebagai informasi, capaian tersebut menumbuhkan rekor ciamik untuk Fajar/Rian, dimana Trofi juara Malaysia Open 2023 jadi gelar pertamanya di turnamen BWF Super 1000.

Kemudian, Fajar/Rian jadi penyumbang gelar pertama untuk Indonesia di tahun 2023, dan trofi Malaysia Open 2023 jadi gelar pertamanya semenjak mereka menduduki peringkat pertama ganda putra dunia.