Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizPemerintah Anggarkan Rp2,67 Triliun untuk Kartu Prakerja 2023 Tahap Awal

Pemerintah Anggarkan Rp2,67 Triliun untuk Kartu Prakerja 2023 Tahap Awal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,67 triliun untuk pelaksanaan program Kartu Prakerja tahap awal di tahun 2023 ini.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022, pelaksanaan program Kartu Prakerja di tahun ini akan menggunakan skema yang berbeda dengan sebelumnya, dimana peserta akan menjalani pelatihan secara offline.

“Program Kartu Prakerja ini dilanjutkan di tahun 2023 dengan skema normal, bukan semi bantuan sosial dengan total anggaran di tahap awal Rp 2,67 triliun,” kata Airlangga dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, JUmat (6/1).

Dengan adanya perubahan skema tersebut, lanjut Airlangga, anggaran yang disiapkan pemerintah untuk tahun ini menjadi lebih sedikit jika dibanding dengan tahun sebelumnya.

“Jadi skemanya berubah drastis, anggarannya turun dari Rp18 triliun menjadi Rp2,67 triliun,” tuturnya.

Adapun untuk jumlah peserta program Kartu Prakerja pada tahap awal di tahun 2023 ini ditarget sekitar 595.000 peserta. Sedangkan untuk sepanjang tahun 2023 sendiri, Program Kaartu Prakerja ditargetkan dapat diikuti 1 juta peserta.

Untuk menjangkau target 1 juta peserta itu, maka pemerintah akan memberikan anggaran tambahan sebesar Rp1,7 triliun.

“Targetnya untuk 595.000 orang dan di tahun ini diputuskan sebetulnya jumlah pesertanya adalah 1 juta orang, sehingga totalnya kita membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp 1,7 triliun di tahun ini karena Rp 2,67 triliun itu untuk 595.000 orang dan untuk itu perlu ditambahkan 450.000 orang,” pungkas Airlangga.

Sebagai informasi Sobat Holopis, Program Kartu Prakerja merupakan salah satu dari sekian program bantuan sosial (bansos) yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kulaitas para pekerja di Tanah Air.

Mulanya, skema pelaksanaan pelatihan dalam program Kartu Prakerja ini dilaksakan secara offline. Namun saat karena adanya Pademi Covid-19, skema pelaksaannya pun diubah menjadi semi bansos, dengan pelatihan yang dapat diikuti secara online atau daring.

Seiring degan situasi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali, pemerintah di tahun ini melaksaakan program Kartu Prakerja dengan skema normal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.