Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBPS Catat Inflasi RI Sepanjang 2022 Capai 5,51 Persen

BPS Catat Inflasi RI Sepanjang 2022 Capai 5,51 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Pusat Statistik mencatat indeks harga konsumen pada sepanjang 2022 mengalami inflasi sebesar 5,51%. Angka inflasi tersebut lebih tinggi ketimbang dengan tahun sebelumnya yang hanya 1,87%.

Kepala BPS, Margo Yuwono menjelaskan, tingginya inflasi itu disebabkan oleh kenaikan harga bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, beras, rokok kretek filter, telur ayam ras, dan biaya kontrak rumah.

“Pada Desember 2022 terjadi inflasi sebesar 5,51% secara year on year dan secara year to date,” kata Margo dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Senin (2/1).

Margo mengatakan inflasi terbesar terjadi pada kelompok pengeluaran transportasi, yakni mencapai 15,26% dengan andil terhadap inflasi 1,84%. Kemudian, kelompok pengeluaran makanan, minuman, dan tembakau juga mengalami inflasi 5,83% dengan andil terhadap inflasi 1,51%.

Dia menyebut inflasi tertinggi pada tahun 2022 terjadi di Kotabaru yang mencapai 8,65%. Sementara untuk inflasi terendah tercatat di Sorong, yakni hanya 3,26%.

Kemudian berdasarkan komponennya, komponen harga yang diatur pemerintah pada 2022 secara tahunan mengalami inflasi sebesar 13,34% dengan andil sebesar 2,36%.

Margo menjelaskan, tingginya inflasi komponen harga diatur pemerintah didorong oleh kenaikan harga bensin, bahan bakar rumah tangga, tarif angkutan udara, dan tarif angkutan dalam kota.

Adapun untuk inflasi tahunan komponen harga bergejolak tercatat sebesar 5,61%, dengan andil terhadap inflasi sebesar 0,95%. Angka tersebut mengalami penurunan dibanding dengan bulan sebelumnya yang mencapai 5,7%.

“Sementara itu, komponen inti mengalami inflasi sebesar 3,36% dengan andil terhadap inflasi 2,2%,” ujar Margo.

Sebagai informasi Sobat Holopis, Pemerintah pada awalnya menargetkan inflasi pada tahun ini hanya sebesar 3%.

Namun menurut Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati tingkat inflasi Indonesia yang mencapai 5% masih tergolong moderat di tengah kenaikan komoditas energi dan pangan global.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.