HOLOPIS.COM, JAKARTA – Masuk tahun 2023 menandakan hanya tinggal satu tahun lagi Pemilu 2024, yakni Pilpres dan Pileg yang akan berlangsung.

Jika kita lihat di tahun 2022, sudah ada beberapa persiapan yang sudah dilakukan untuk menyambut pesta politik tersebut. Mulai dari pembentukan koalisi, pengumuman calon presiden hingga penetapan partai politik yang lolos untuk ikut dalam kontestasi politik di tahun 2024.

Berikut ini beberapa momen politik di tahun 2022, yang menandakan akan berlangsungnya pesta politik di Indonesia.

1. Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)

Deklarasi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB),dilakukan oleh tiga partai politik yakni Golkar, PPP dan PAN pada bulan Juli 2022. Ketiga partai tersebut bersepakat, ujtuk bekerjasama dalam visi misi ideologi untuk mengusung calon presiden. Namun, hingga akhir tahun 2022 berakhir KIB masih belum mengumumkan siapa calon presiden yang akan diusung untuk bertarung dalam Pilpres 2024.

2. Gerindra Deklarasi Prabowo Subianto Sebagai Capres

Ketua Umum partai Gerindra, Prabowo Subianto akhirnya resmi menjadi calon presiden (Capres) yang diusung langsung oleh Gerindra. Sebelumnya, Prabowo sudah pernah mencalonkan diri dalam Pemilu yang berlangsung di tahun 2014 dan 2019.

3. Koalisi Gerindra dan PKB Diumumkan

Koalisi partai Gerindra dan PKB, diumumkan pada bulan Agustus 2022 sebagai bentuk kerjasama untuk mengarungi pemilihan umum tahun 2024. Sebelum bersepakat untuk berkoalisi, Gerinda sudah mengumumkan Prabowo Subianto sebagai capres. Itu artinya, sosok Prabowo memiliki visi dan misi yang sejalan dengan PKB.

4. Nasdem Deklarasi Anies Baswedan Sebagai Capres

Pada bulan Oktober 2022, partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusungnya dalam pemilihan umum tahun 2024. Partai yang dipimpin oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, juga memberikan kebebasan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk memilih pasangannya sendiri.