HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melaporkan adanya kenaikan jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP) di sejumlah terminal di Jakarta.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyampaikan, berdasarkan perbandingan data penumpang pada periode 3-4 Desember dengan periode 17-18 Desember, terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 23% (persen).

“Terlihat kenaikan penumpang AKAP sebesar 23 persen,” kata Syafrin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (20/12).

Syafrin menuturkan, kenaikan jumlah penumpang bus AKAP merupakan hal yang lumrah terjadi menjelang momentum libur panjang, seperti libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebelumnya sebagaimana diberitakan Holopis.com, Dishub DKI Jakarta telah menyiapkan ribuan armada bus AKAP untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang selama libur Nataru.

“Untuk arus mudik Natal kita siapkan 2.258 bus AKAP.” kata Syafrin beberapa waktu lalu.

Ribuan bus AKAP itu akan disiagakan di 4 terminal utama di Jakarta, yakni terminal Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang dan Kampung Rambutan.

Selain itu, Dishub DKI juga telah menyiapkan sejumlah armada angkutan malam hari (AMARI) Bus Transjakarta yang akan mengantarkan calon penumpang ke terminal bus AKAP.

“Kita siapkan juga angkutan malam hari (Amari). Nanti Amari akan melayani, sehingga masyarakat yang bermobilitas dengan itu akan ada Amari,” ujarnya.

Syafrin menambahkan, selain melayani calon konsumen ke terminal bus AKAP, Amari juga melayani perjalanan ke 13 koridor BRT.