Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pandu Riono : Hanya Perilaku Manusia Kunci Selamat dari Covid-19

JAKARTA, HOLOPIS.COMPakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono menegaskan bahwa kunci sukses menanggulangi pandemi Covid-19 adalah perilaku manusianya yang patuh terhadap pola hidup sehat dan protokol kesehatan Covid-19.
Karena sebetulnya, virus Covid-19 tidak bisa melakukan serangan apapun jika manusianya sebagai inang tidak melakukan penularan kepada orang lain.
“Virus itu tidak melakukan apa-apa, yang melakukan itu adalah manusia. Makanya perilaku manusianya,” kata Pandu dalam program Ruang Tamu Holopis.com, Selasa (22/6) siang.
Dalam program talkshow yang disiarkan langsung di akun Instagram @holopiscom, Pandu menyampaikan bahwa 3 M adalah perilaku penting manusia untuk terhindar dari tertular virus korona.
“Kalau 3 M konsisten, memakai masker kemana-mana dia pergi, hindari kerumunan dan jaga kebersihan dengan cuci tangan, itu bisa menekan risiko penularan,” tuturnya.
“Jadi penularan terjadi karena ada interaksi dengan manusia. Apalagi virus ini mudah sekali menular. Jadi (jika terular), kesalahannya ini ada di manusianya,” tambah Pandu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru