Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Harap Dana PMN Bisa Hasilkan Manfaat Bagi Rakyat

Sri Mulyani Harap Dana PMN Bisa Hasilkan Manfaat Bagi Rakyat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyaksikan secara langsung penandatanganan komitmen dari tiga BUMN yang mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah yang berlangsung pada hari ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara negara itu berpesan kepada perusahaan penerima PMN untuk menggunakan dana yang sejatinya merupakan dana dari rakyat untuk menghasilkan manfaat bagi rakyat dan juga perekonomian Indonesia.

“Kita berharap tentu dana yang berasal dari uang rakyat bisa menghasilkan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan perekonomian,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (16/12).

Sebagai informasi, ketiga perusahaan BUMN yang menerima PMN pada hari ini yaitu PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

Adapun Masing-masing BUMN mendapatkan dana PMN yang berbeda, untuk PLN mendapatkan dana PMN sebesar Rp5 triliun, SMF Rp2 triliun, dan BPDLH mendapat Rp3 trilun. Sehingga total dana PMN yang dikucurkan pemerintah kepada tiga perusahaan tersebut sebesar Rp10 triliun.

Sri Mulyani pun menuturkan, bahwa dana Rp10 triliun itu merupakan angka yang sangat besar. “Pagi ini kita lihat Rp10 triliun diberikan. Itu angka yang sangat besar untuk APBN kita. Mencari Rp10 triliun itu nggak gampang,” tuturnya.

Oleh karena itu, Sri Mulyani meminta kepada seluruh BUMN, terutama yang mendapatkan PMN, untuk menyampaikan manfaat dari pemberian PMN yang berasal dari APBN yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Karena itu adalah bagian dari akuntabilitas publik. Jangan sampai BUMN menganggap bahwa PMN itu yang memang sudah seharusnya. Anda ini mengelola resources, sumber daya yang dimiliki negara dan rakyat. Jadi kita bertanggung jawab untuk selalu bisa menyampaikan apa yang sudah kita kerjakan untuk manfaatnya bagi masyarakat dan perekonomian,” tutup Sri Mulyani.

Sekadar informasi Sobat Holopis, alokasi PMN merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus mendukung program pemulihan ekonomi nasional, khususnya di masa peralihan dari pandemi menju endemi seperti sekarang ini.

Selain itu, pemberian dana PMN yang dialokasikan dari APBN itu juga diharapkan dapat melanjutkan program pembangunan infrastruktur prioritas untuk meningkatkan daya saing nasional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.