HOLOPIS.COM, GROBOGAN – Fenomena angin kencang melanda sejumlah pemukiman warga yang ada di sejumlah wilayah di Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, peristiwa ini terjadi di Desa Karangsono, Desa Cekel, Desa Telawah dan Desa Jeti, Kecamatan Karangrayung pada Senin (12/12) lalu.

“10 rumah warga tercatat mengalami kerusakan. Rincian kerusakan mencakup rumah rusak berat 3 unit, dan rusak ringan 7. Selain kerusakan, fenomena angin kencang berdampak pada 10 KK,” kata Abdul dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (15/12).

Meski begitu, beruntung tidak ada korban jiwa akibat bencana yang bersamaan dengan cuaca hujan lebat pada saat itu.

Abdul menambahkan, tim reaksi cepat BPBD Kabupaten Grobogan telah membantu warga terdampak. BPBD dan petugas TNI dan Polri bersiaga untuk mendata dan memastikan warga terdampak terlayani dengan baik. Tim gabungan juga bergotong royong membersihkan puing dan menata kembali rumah mereka yang terdampak angin kencang.

Sementara itu, dilihat dari analisis kajian inaRISK, wilayah Kabupaten Grobogan memiliki potensi bahaya cuaca ekstrem kategori sedang hingga tinggi.

“BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang yang dapat dipicu oleh faktor cuaca,” imbaunya.