HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) mengumumkan, bahwa pihaknya mulai melakukan uji coba mekanisme pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar subsidi menggunakan QR Code dari My Pertamina.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, bahwa mekanisme pembelian yang telah berlangsung sejak 1 Desember itu masih terbatas di 11 Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Uji coba masih sebatas untuk solar dan dilakukan di 11 kota/kabupaten,” kata Irto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (3/12).

Adapun 11 wilayah tersebut meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Cilacap.

Kemudian uji coba juga dilakukan di Kabupaten Wonogiri, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kabupaten Lumajang, Kota Banjarmasin, dan Kota Payakumbuh.

Dijelaskan olehnya, bagi yang sudah mendaftarkan kendaraannya di aplikasi ataupun website MyPertamina, hanya perlu menunjukan QR Code atau Kode QR kepada petugas di SPBU Pertamina.

Nantinya, petugas akan melakukan scan sebelum melakukan transaksi. Masyarakat juga bisa menunjukkan QR Code yang dicetak atau print kepada petugas.

Sementara kendaraan yang belum terdaftar masih akan tetap dilayani. Hanya saja pembelian BBM solar subsidi dibatasi 40 liter per hari.

“Kami menghimbau masyarakat untuk segera mendaftarkan kendaraannya melaluisubsiditepat.mypertamina.id atau melalui posko pendaftaran yang tersedia di SPBU,” pungkasnya.