HOLOPIS.COM, BALI – Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyebutkan peran singkong dalam menghadapi potensi krisis pangan di masa mendatang.

Dalam sambutannya di Global Food Security Forum atau Forum Keamanan Pangan Dunia, Prabowo Subianto menyebut bahwa singkong tanaman yang efisien, bahkan hal ini pernah diutarakan oleh Bill Gates kepada publik.

“Singkong bisa menjadi tanaman penyelamat dunia. Indonesia dapat jadi yang terdepan memproduksi, dan menyelesaikan ancaman terhadap ketahanan pangan,” kata Prabowo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (13/11).

Prabowo pun menjelaskan, dengan kondisi ketersediaan pasokan gandum dunia yang tidak stabil akibat konflik Rusia dan Ukraina, disaat itulah peran singkong menjadi penting.

Prabowo pun kemudian turut mengajak semua pihak untuk menghindari konflik yang berujung kepada perang demi menghindari ancaman krisis.

“Kita harus menghindari konflik, tapi bukan berarti kita tanpa pertahanan, tidak! Sebab, manusia sebagai spesies suka menguasai dan mengambil apa yang ada di depannya yang tak dilindungi dan dipertahankan. Ini sifat manusia,” tegasnya.