Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ini Rekomendasi Jokowi Untuk ASEAN Terkait Konflik Myanmar

HOLOPIS.COM, MYANMAR – Presiden Jokowi memberikan masukan kepada ASEAN untuk mengambil langkah tegas dalam penanganan konflik Myanmar yang sampai saat ini tak kunjung usai.

Saat berbicara di sesi retreat KTT ASEAN Ke-41, Jokowi menyampaikan sejumlah rekomendasi yang secara khusus membahas implementasi 5-point consensus (5PC).

“Penerapan 5PC tetap menjadi acuan utama bagi ASEAN dalam membantu Myanmar keluar dari krisis politiknya,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (11/11).

Yang paling utama kemudian menurut Jokowi adalah mempertegas seruan penghentian kekerasan agar segera tercipta kondisi kondusif di Myanmar.

Selain itu, Jokowi mengusulkan penugasan Sekjen ASEAN dan AHA Centre untuk terus mengupayakan akses agar Comprehensive Needs Assesment dapat segera diselesaikan.

“Bantuan kemanusiaan untuk mendukung ­life-sustaining menjadi lebih penting artinya saat ini,” imbuhnya.

Rekomendasi berikutnya yang harus dilaksanakan yaitu keputusan non-political representation dari Myanmar juga harus diberlakukan selain untuk AMM dan KTT.

“Engagement ASEAN dengan semua stakeholders Myanmar harus segera dilakukan. Karena hanya dengan membuka dialog dengan semua pihak, maka ASEAN akan dapat memfasilitasi dialog nasional yang dimandatkan oleh 5PC,” terangnya.

Jokowi kemudian menambahkan, untuk menghormati prinsip non-interference maka ASEAN tidak memberikan dukungan terhadap Pemilu yang tidak inklusif dan tidak dipersiapkan berdasar dialog nasional.

“Kita memiliki tanggung jawab kepada rakyat ASEAN dan dunia. Jika kita tidak bertindak tepat, maka kredibilitas dan relevansi ASEAN menjadi taruhannya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru