HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bawang putih menjadi salah satu bahan wajib dalam berbagai bumbu dasar masakan Indonesia. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat bagi tubuh.

Bawang putih mampu memberikan cita rasa yang gurih pada masakan, tentunya aroma bawang putih yang kuat dapat menggugah selera makanan setiap orang.

Ternyata, bawang putih kaya akan khasiat untuk kesehatan tubuh. Karena mengandung beberapa nutrisi penting yang rendah kalori seperti mangan, Vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.

Dikutip Holopis.com dari situs halodoc, Rabu (9/11), berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan

Mampu Turunkan Gula Darah

Manfaat bawang putih yang pertama, yakni mampu turunkan gula darah, karena bawang putih dapat mengurangi fluktuasi kadar gula darah sebelum makan pada orang dengan atau tanpa diabetes.

Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi), mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang putih selanjutnya yakni mampu tingkatkan sistem kekebalan tubuh karena bawang putih bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi terjadinya intensitas penyakit umum seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit lainnya.

Mampu Menjaga Saluran Pencernaan

Bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.