Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Megawati Klaim Pernah Dibilang Pintar oleh Eks Presiden AS George Bush

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai PDI-P, Megawati Soekarnoputri mengklaim pernah dibilang ‘pintar’ oleh Presiden ke-43 Amerika Serikat George Bush saat mempertanyakan rencana Negara Paman Sam menyerang kilat Irak.

Megawati mengungkapkan hal itu saat pidato secara virtual dalam acara pembukaan ‘Bandung-Belgrade-Havana in Global History and Perspective’ yang digelar di Gedung ANRI, Jakarta, Senin (7/11).

Kala itu, kata Megawati, dirinya menyatakan AS tak bisa menyerang Irak tanpa persetujuan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Mega pun mengklaim mempertanyakan maksud AS ‘menyerang kilat’ itu.

“Yang namanya kilat itu apa ya kalau dari strategi militer?” itu yang saya tanya. ‘Satu jam kah, satu hari kah, seminggu kah, sebulan kah?’,” kata Megawati kepada Holopis.com, Senin (7/11).

“Jadi kata Presiden George Bush pada saya, katanya begini, ‘Kamu itu kok pintar ya Mega’. Saya diam saja, terus saya tanya, “Kok kamu [Bush] bilang begitu?,” imbuhnya.

Mega menyebut sebagai presiden RI saat itu, dia tak bisa membiarkan ada penyerangan terhadap negara lain.

Dia membayangkan serangan itu akan seperti Blitzkrieg atau perang cepat dalam istilah Jerman di masa Perang Dunia II.

“Sebagai Presiden Republik Indonesia, karena saya tidak setuju bahwa sebuah negara akan melakukan sebuah penyerangan,” ucap putri Presiden RI Sukarno itu.

Mega mengaku saat itu jawaban Bush malah menilainya sedang membela penguasa Irak kala itu, Saddam Husein.

Di satu sisi, dia menyatakan rencana AS menyerbu Irak akhirnya memang tak bisa dibendung.

“Tapi kan pada keadaannya ternyata waktu itu beliau agak sedikit marah, dia bilang begini, “Kamu selalu bela Saddam Husein?”. Saya enggak bela Saddam Husein, saya bela rakyat Irak, yang pasti apapun juga kan menderita,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru