JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mantan Presiden AS Donald Trump berpendapat bahwa Bitcoin adalah penipuan yang dapat mempengaruhi nilai dollar AS, demikian ia katakana kepada FoX News.
“Bitcoin, sepertinya penipuan,” kata Trump. “Saya tidak menyukainya karena ini adalah mata uang lain yang bersaing dengan dolar.”
Trump juga menambahkan kalau ia menginginkan dollar menjadi mata uang dunia.
Komentar Trump muncul terkait berita El Salvador yang berencana untuk membuat alat pembayaran mata uang kripto menjadi sah.
Harga Bitcoin sendiri terus turun sejak awal Mei dan sejauh ini belum pulih.
Penurunan itu dikaitkan dengan China yang melarang bank dan perusahaan untuk menyediakan transaksi mata uang kripto, serta pembuat mobil listrik Tesla yang juga mengumumkan tidak akan lagi menerima mata uang tersebut.
Apakah Bitcoin merupakan ancaman untuk mata uang? Inilah pendapat ahli..
Justin Urquhart-Stewart, salah satu pendiri Seven Investment Management dan platform investasi Regional, berpendapat bahwa Bitcoin memang memiliki potensi ancaman destabilisasi mata uang “karena telah lepas landas sedemikian rupa sehingga menciptakan daya tarik populer tanpa kekuatan finansial yang sehat” .
Ia menyalahkan kebangkitan Bitcoin pada tokoh-tokoh seperti Elon Musk yang membuat masyarakat umum menganggap bahwa mata uang kripto itu kredibel.
“Bitcoin itu berbahaya karena mencoba menciptakan kredibilitas dengan nilai yang tidak dapat diandalkan dan sepenuhnya tidak berdasar,” katanya dilansir dari BBC.
Ia juga mengatakan tren yang meningkat diantara anak muda yang lebih tertarik dengan hal-hal berbau teknologi dapat menghadapi resiko yang tinggi, dikarenakan mereka belum cukup diedukasi mengenai keuangan secara baik.
Justin sangat yakin bahwa kurikulum nasional harus mengikutsertakan pelajaran mengatur keuangan keluarga untuk para generasi muda.
Sebaliknya, Neil Wilson, seorang kepala analis pasar untuk Markets.com, menganggap Bitcoin jelas bukan mata uang.
Ia mengatakan bahwa untuk memenuhi syarat sebagai mata uang, harus memiliki fungsi berikut:
• Satuan akun
• Menyediakan penyimpan nilai yang baik
• Menjadi alat pembayaran
“Menurut saya Bitcoin lebih sebagai keamanan, seperti saham atau obligasi,” kata Wilson.
“Meskipun diapresiasi secara besar-besaran, itu (bitcoin) terlalu fluktuatif untuk menjadi mata uang, ia bergerak lebih dari yang dilakukan kebanyakan saham.”
Dia mengatakan kebanyakan orang membeli bitcoin untuk disimpan dan diinvestasikan, bukan untuk dihabiskan.
Dan mengenai pernyataan Trump bahwa mata uang kripto dapat mengancam dolar AS, Wilson tidak setuju. Namun ia mengatakan bitcoin bisa menjadi sedikit ancaman untuk emas. (zik)