JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Luar Negeri China Wang Yi, mengatakan, dalam satu tahun terakhir Presiden Xi Jin Ping 4 kali melakukan kontak telepon dengan Presiden Jokowi.
“Sejak tahun lalu, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo telah empat kali berbicara melalui telepon untuk membahas kerja sama bilateral dalam memerangi pandemi dan pembangunan, yang mendorong kemajuan baru dalam kemitraan strategis komprehensif China-Indonesia,” kata Wang Yi dalam keterangan Kemenlu China, dikutip dari website resmi fmprc.gov.cn, Selasa (8/6/2021).
Wang Yi juga mengatakan Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki posisi penting di dunia. Dia mengatakan China selalu memandang hubungan diplomatik dengan Indonesia dari perspektif strategis dan mengembangkan kerja sama China-Indonesia dari perspektif global.
Keakraban itu akan semakin terkonfirmasi jika kedua Presiden itu menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung untuk pertama kalinya. Pada November 2022 nanti Jokowi dan Xi Jinping dijadwalkan akan membuka uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Proyek tersebut merupakan kerja sama antara Indonesia-China.
Wang Yi sebelumnya melakukan dialog tingkat tinggi dengan Menko Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, Sabtu 5 Juni yang lalu. Wang Yi dan Luhut meneken MoU Establishing a High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM).
Dalam pertemuannya dengan Luhut, kedua pihak mendapatkan 5 kesepakatan dalam kerja sama antara ke dua negara. Pertama peningkatan kepercayaan politik strategis antar dua negara, kedua kerja sama pengembangan dan pembuatan vaksin COVID-19, dan ketiga peningkatan kerja sama Belt and Road Initiative.
Keempat adalah peningkatan kerja sama maritim dan perikanan. Dan kelima adalah kesepakatan pertukaran budaya China dan Indonesia.