Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizZulhas Harap UKM Jadi Bagian dari Rantai Nilai Global

Zulhas Harap UKM Jadi Bagian dari Rantai Nilai Global

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas menyampaikan bahwa pihaknya di Kementerian Perdagangan terus berupaya untuk menaikkan kelas usaha kecil dan menengah (UKM) agar dapat menjadi bagian dari rantai nilai global (global value chain).

Bahkan, kata Zulhas, pihaknya menjadikan hal tersebut sebagai prioritas dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Integrasi UKM ke dalam rantai nilai global akan meningkatkan skala UKM dalam hal daya saing, lapangan pekerjaan, dan kesejahteraan,” tutur Zulhas dalam keterangan pers yang dikutip Holopis.com, Kamis (3/11).

Sebagaiman diketahui, UKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian Indonesia dan seluruh negara yang tergabung dalam forum G20. Setiap tahunnya, jumlah UKM di Indonesia terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Sekarang ini, porsi UKM di Indonesia mencapai 99,9 persen terhadap total jumlah usaha. Dari jumlah tersebut, UKM berhasil menyerap setidaknya 97,05 persen tenaga kerja Indonesia, dan berkontribusi terhadap PDB sebesar 61 persen.

“Secara khusus, UKM Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi bagian dari rantai nilai global,” ujarnya.

Namun hingga saat ini, lanjut Zulhas, masih terdapat sejumlah tantangan yang menghambat tujuan mulia tersebut. Sejatinya, berbagai tantangan itu harus diselesaikan secara bersama-sama demi untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UKM.

Terkait hal tersebut, Ketua Umum PAN itu menegaskan, bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk dapat mengatasi berbagai kendala yang ada. Pihaknya juga berkomitmen untuk terus mendorong agar UKM menjadi bagian dari rantai nilai global.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.