Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sultan HB X Ingatkan Pemimpin Jangan Kasih Contoh Kerumunan

YOGYAKARTA, HOLOPIS.COM – Meningkatnya angka positif Covid 19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), membuat Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X geram. Peningkatan tersebut menurut Sultan, disebabkan masih banyak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan (Prokes).
“Jangan sombonglah. Jangan umbar egonya sendiri. Kalau berkerumun itu kan tidak boleh. Biar bagaimana kalau punya acara tidak dilakukan saat ini,” kata Sultan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Senin (7/6).
Selama dua tahun ini, keraton sendiri sudah tidak pernah menggelar acara internal dengan pertimbangan nantinya acara tersebut bisa menimbulkan kerumunan. “Saya punya acara-acara gunungan itu kan berkerumun, sudah dua tahun ditiadakan. Daripada masyarakat mengatakan Pak Gubernur nyontoni (memberi contoh berkerumun),” jelasnya.
Sultan ingatkan seluruh warga DIY, untuk terus patuhi prokes biarpun saat ini status DIY masih masuk zona hijau. “Bukan malah sudah hijau ya sudah tidak apa-apa (berkerumun). Nanti berubah menjadi merah, (dilockdown) bingung lagi,” kata Sultan.
Sedangkan bagi warga yang akan menggelar acara, harus benar-benar memperhatikan detail acara agar tidak terjadi kerumunan sehingga tidak muncul klaster covid baru. “Kalau mau nikahkan misalnya menggunakan kursi agar bisa dijaga jaraknya. Tidak berdiri karena kalau berdiri pasti menimbulkan kerumunan,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru