Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Makanan Tercemar EG-DEG? Begini Penjelasan BPOM RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Penny K Lukito mengatakan pihaknya saat ini tengah menelusuri lebih lanjut penggunaan bahan baku di dalam makanan.

Apabila nantinya ditemukan bahan berbahaya di dalam suatu produk makanan, Penny menyebut pihaknya akan melakukan proses penarikan yang sama seperti produk obat sirup yang tercemar EG dan DEG.

“Nanti saya adakan konferensi pers khusus dari obat tradisional, suplemen yang liquid untuk anak, kemudian kemungkinan di dalam kosmetik juga,” ucapnya kepada Holopis.com, dalam konferensi pers, Kamis (27/10).

“Sedang dalam proses, tentunya kalau ada yang berbahaya sudah kami hentikan yang sama,” ucapnya lagi.

Sebelumnya, Penny mengungkap terdapat dua industri yang bakal dipidana imbas mengedarkan produk dengan cemaran EG melebihi ambang batas.

Pasalnya, cemaran bahan ini diduga menjadi pemicu ratusan kasus gangguan ginjal akut misterius di RI.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru