HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Mohammad Choirul Anam meyakini, penyebab penyebab utama tragedi Kanjuruhan adalah gas air mata yang ditembakkan oleh aparat kepolisian.

Anam mengatakan, keyakinan akan hal tersebut semakin bertambah setelah pihaknya mengantongi video kunci yang didapat dari hasil pemantauan dan penyelidikan.

“Video kunci yang kami dapatkan semakin memiliki titik terang,” kata Komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam kepada Holopis.com di Jakarta, Senin (24/10).

“Kami semakin menyakini bahwa persoalan utamanya dalam tragedi Kanjuruhan adalah gas air mata,” tambahnya.

Anam mengaku, pihaknya telah membandingkan video yang diperoleh pihaknya dengan rekaman CCTV yang juga didapat di pintu yang sama, yakni di pintu 13 stadion Kanjuruhan.

Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, lanjut Anam, pihaknya meyakini bahwa biang kerok dari tragedi Kanjuruhan adalah gas air mata yang ditembakkan oleh aparat kepolisian.

“Dengan CCTV pintu 13 itu semakin menambah tebal keyakinan kami bahwa persoalan utamanya gas air mata yang membuat banyaknya korban jiwa,” jelasnya.