HOLOPIS.COM, BOGOR – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaa (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau lokasi bencana longsor di Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut, Muhadjir memimnta kesediaan warga untuk bersedia direlokasi ke tempat yang lebih aman pasca penanganan bencana usai.

“Sebagian penduduk harus direlokasi dan pembiayaan akan diatur melalui pemerintah pusat dan pemerintah kota,” kata Muhadjir dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Sabtu (22/10).

Muhadjir pun menyatakan, respon masyarakat pun atas permintaan yang diberikannya itu terbilang positif dan diterima oleh masyarakat dengan alasan keamanan mereka.

Muhadjir kemudian menjelaskan, pemerintah juga akan memberikan bantuan untuk korban terdampak, termasuk dari BNPB.

“Bagi mereka yang mengungsi, dari BNPB juga mendapatkan bantuan untuk tinggal sementara setiap bulannya sebesar 500 ribu rupiah,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Fajar Setyawan menjelaskan, pihaknya menyiapkan paket perlengkapan sekolah bagi para siswa yang terdampak bencana ini.

BNPB pun sebelumnya telah memberikan dukungan penanganan darurat pada Kamis (13/10) lalu berupa Dana Siap Pakai (DSP) sejumlah 250 juta rupiah dan logistik paket sembako senilai Rp100 juta.