HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino secara langsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (18/10). Pada pertemuan tersebut, menghasilkan kesepakatan tentang pelaksanaan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Jokowi mengatakan pelaksanaan transformasi sepak bola Indonesia mencakup berbagai aspek, yakni aspek pertandingan dan keamanan. Bahkan ia, menekankan bahwa penonton dan pemain harus dipastikan keselamatannya saat bertanding maupun menonton sepak bola.

“Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA, baik pemain maupun penonton, harus terjamin keamanan dan keselamatannya,” Kata Presiden Jokowi seusai pertemuan dengan Presiden FIFA, seperti dipantau Holopis.com dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/10).

Presiden Jokowi menerima pemberian dari Presiden FIFA Gianni
Presiden Jokowi menerima pemberian dari Presiden FIFA Gianni Infantino. [Foto: Tangkapan layar Yotube Setpres].
Presiden Ke-7 RI tersebut menambahkan bahwa Indonesia sepakat untuk mengkaji kembali kelayakan stadion di seluruh Indonesia, serta menerapkan penggunaan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain.

Pembahasan transformasi sepak bola Indonesia, antara pemerintah dengan FIFA diharapkan menjadi momentum perbaikan total sepak bola Indonesia. Jokowi juga berharap, sepak bola Tanah Air semakin jaya.

“Kita jadikan kesepakatan ini sebagai momentum perbaikan sistem persepakbolaan Indonesia agar sepak bola Indonesia menjadi kebanggaan nasional dan tampil baik lagi di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Sekedar diketahui sobat Holopis, pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA, merupakan buntut dari tragedi kanjuruhan, peristiwa sepak bola yang menewaskan 133 suporter tim Arema FC, pasca laga Persebaya Surabaya kontra Arema FC.