HOLOPIS.COM, JAKARTA – Francesco Bagnaia berhasil mengambil alih pimpinan klasemen sementara MotoGP 2022, dengan keunggulan 14 poin dari Fabio Quartararo.

Poin maksimal yang masih tersisa yakni 50, dari dua seri di Malaysia dan Valencia. Pembalap Ducati itu bisa saja menjadi juara dunia saat MotoGP Malaysia 2022, dengan menambah keunggulan 11 poin dari Quartararo.

Jika berhasil dilakukan, maka pembalap yang akrab disapa Pecco ini akan menambah selisih poin jadi 25 yang akan menjadikannya juara dunia MotoGP 2022.

Berikut ini skenario Francesco Bagnaia juara dunia saat seri MotoGP Malaysia 2022 yang berlangsung pada 23 Oktober 2022 :

1. Finis di posisi 1
Jika Bagnaia meraih kemenangan di Sepang, maka Quartararo harus finis di posisi empat atau lebih buruk di MotoGP Malaysia 2022.

2. Finis di posisi 2
Jika Bagnaia meraih podium kedua di MotoGP Malaysia 2022, maka Quartararo harus finis di posisi tujuh atau lebih buruk, ditambah Aleix Espargaro tidak meraih kemenangan di Sepang.

3. Finis di posisi 3
Torehan 16 poin yang diraih Bagnaia jika finis ketiga membuat Quartararo harus finis di posisi 11 atau lebih buruk, dan Aleix Espargaro finis ketiga atau lebih buruk.

4. Finis di posisi 4
Jika Bagnaia finis keempat, maka Quartararo harus finis di posisi 14 atau lebih buruk, dan Aleix Espargaro gagal meraih podium.

5. Finis di posisi 5
Bagnaia butuh Quartararo gagal mendapatkan poin dan Aleix Espargaro tidak naik podium jika ingin menjadi juara dunia MotoGP 2022 dengan finis kelima di MotoGP Malaysia.