Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Puncak Musim Hujan Diprediksi Terjadi pada Akhir Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia akan terjadi pada akhir tahun ini, yakni di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023.

“Sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami puncak musim hujan di bulan Desember-Januari,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Jumat (7/10).

Dwikorita menyampaikan, dari total 699 ZOM (zona musim) di Indonesia, sebanyak 175 ZOM, atau 25,03 persen akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober 2022. Zona musim itu meliputi sebagian Sumatra, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sementara sebanyak 128 ZOM (18,31 persen), lanjutnya, akan memasuki musim hujan pada bulan November 2022, meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Kemudian Kalimantan Barat bagian selatan, Kalimantan Tengah bagian timur, Kalimantan Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara bagian utara, sebagian Maluku dan sebagian Papua Barat.

“Selain itu, terdapat sebanyak 113 ZOM yang mengalami periode musim hujan sepanjang tahun,” paparnya.

Tak hanya itu, Dwikorita juga menyampaikan prediksi curah hujan untuk periode sepekan ke depan, yakni mulai tanggal 8-9 Oktober 2022.

Berdasarkan prakiraan dari para Prakirawan BMKG, kata dia, wilayah Sumatera secara umum cerah berawan hingga hujan ringan. Namun sebagian Sumatera Utara, Kep. Babel, Bengkulu, dan Lampung berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang ,serta Aceh berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat.

Kemudian untuk wilayah Jawa sendiri secara umum cerah berawan hingga hujan ringan. Namun sebagian Banten, dan DKI Jakarta berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang, serta sebagian Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat.

Untuk wilayah Kalimantan secara umum hujan sedang hingga hujan lebat. Sulawesi hujan sedang hingga hujan lebat.

Kemudian Bali, NTB, NTT secara umum cerah berawan hingga hujan ringan, namun sebagian Bali dan NTB berpotensi hujan ringan hingga hujan sedang.

Maluku dan Papua secara umum hujan ringan hingga hujan sedang, namun sebagian Maluku, Papua Barat, dan Papua berpotensi hujan sedang hingga hujan lebat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru