Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Bangkit Bergerak Bersama Pancasila

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pada tanggal 1 Oktober seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai refleksi bersama untuk mengingat kembali peristiwa Gerakan 30 September (G30S/PKI) yang merupakan kejadian berdarah dari usaha untuk mengganti kedudukan Pancasila sebagai Ideologi negara Indonesia.

Dilansir dari jurnal Historia bertajuk ‘Peristiwa G-30-S/PKI di Balik Penetapan Hari Kesaktian Pancasila tahun 1965’, penganut ideologi komunis melakukan segala cara dalam pengkhianatan 30 September 1965 untuk mengelabui rakyat dan membelokkan Pancasila.

PKI saat itu, menghendaki ideologi bangsa ini berganti dari pancasila menjadi komunis.

Gugurnya 6 Jenderal dan seorang perwira TNI AD di Jakarta dalam peristiwa G30S/PKI, merupakan rentetan kejadian pemberontakan PKI sebelumnya.

Sebagai penghormatan tertinggi yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani, Letjen (Anumerta) Suprapto, Letjen (Anumerta) S. Parman, Letjen (Anumerta) M.T. Haryono, Mayjen (Anumerta) D. I. Panjaitan, Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomiharjo, Kapten (Anumerta) Pierre Tendean, disematkan tanda pahlawan revolusi.

Segala wujud dari pemberontakan dan pergolakan yang timbul, akhirnya bisa diatasi oleh angkatan bersenjata, dengan menumpas seluruh anggota PKI hingga ke akar-akarnya.

Resmi Dijadikan Hari Kesaktian Pancasila pada Tahun 1966

Melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto pada 17 September 1966, mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dilakukan oleh seluruh slagorde (pasukan) Angkatan Darat dengan mengikutsertakan angkatan lainnya serta masyarakat.

Presiden Soeharto resmi menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila pada 1967.

Bertepatan Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kebakaran Landa Sukabumi Selatan Kebon Jeruk, Ratusan Petugas Damkar Dikerahkan

Terjadi kebakaran di Jalan Arsirad RT 09/RW 03, Kelurahan Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Ratusan petugas pemadam kebakaran (damkar) pun dikerahkan ke lokasi kejadian.

Hari Kebebasan Sedunia : Momentum Runtuhnya Komunisme di Eropa Timur

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Kebebasan Dunia yang selalu diperingati...

Kebakaran Hebat di Dekat Rusun RPTRA Albo Lestari Cakung, 120 Personel Damkar Dikerahkan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kebakaran hebat kembali terjadi di kawasan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru