HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kehadiran Bangsa Eropa di Nusantara merupakan ekspedisi besar dalam mencari dan berburu rempah-rempah. Salah satunya, adalah Cengkih atau Cengkeh yang kerap dikatakan oleh lidah masyarakat.

Diinformasikan, bahwa cengkih merupakan rempah khas Kepulauan Maluku, dan sering digunakan sebagai bumbu masakan, pengawet makanan alami, hingga racikan utama rokok kretek lho.

Di balik kegunaannya yang banyak, Cengkih memiliki manfaat untuk kesehatan. Pengen tahu apa saja manfaat cengkih ini.

Berikut ini, manfaat cengkih untuk kesehatan :

1. Mengurangi Sakit Gigi
Kandungan minyak dalam cengkeh dapat mengatasi nyeri akibat sakit gigi. Karena senyawa yang terkandung mampu meredam bengkak dan iritasi di sekitar gigi dan gusi.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Cengkih merupakan sumber zat beta-karoten yang sangat baik untuk tubuh. Zat karoten pada cengkih adalah provitamin, antioksidan, dan antikuman yang tentunya baik bagi kesehatan mata.

3. Mencegah Asam Urat
Kandungan Tanin pada cengkih, bermanfaat untuk menurunkan dan mencegah asam urat dalam tubuh. Dengan meminum air rebusan cengkih 1-5 gram setiap hari mampu untuk menjaga kadar asam urat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Senyawa eugenol pada cengkih, mampu melindungi dan meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, cengkih mengandung mangan yang diyakini dapat membantu proses pembentukan tulang.

5. Menghambat Radikal Bebas
Eugenol pada cengkih, menjadi sumber antioksidan yang kuat. Senyawa tersebut mampu membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, penyebab rusaknya sel-sel dan penyebab penyakit.

Dari 5 manfaat di atas, cengkih mampu untuk mencegah penyakit yang kerap dialami tubuh.