Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizKemnaker Klaim Sudah Cairkan Subsidi Upah ke 4,36 Juta Pekerja

Kemnaker Klaim Sudah Cairkan Subsidi Upah ke 4,36 Juta Pekerja

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengklaim telah menyalurkan program bantuan subsidi upah (BSU) senilai Rp600 ribu.

Namun pencairan tersebut belum dilakukan seluruhnya, dimana pada tahap pertama ini BSU baru dicairkan kepada 4,36 juta orang pekerja dengan total nilai sebesar Rp2,61 triliun.

“Alhamdulillah, malam ini (kemarin-red) kami telah memproses pencairan dana BSU tahap pertama. Dana tersebut diteruskan kepada Bank Himbara selaku Bank Penyalur melalui KPPN untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama” kata Anwar seperti dikutip dari siaran persnya, Sabtu (10/9).

Anwar menjelaskan, bahwa para penerima manfaat subsidi upah tahap pertama dapat mengambil haknya di rekening Himbara masing-masing secara bertahap mulai Senin (12/9) pekan depan.

“Insya Allah dana BSU Rp600 ribu bisa diambil secara bertahap mulai Senin depan sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya” jelas Anwar.

Dia menegaskan, bahwa dalam pencairan bansos ini diperlukan proses verifikasi, validasi, dan pemadanan data sesuai dengan kriteria yang diatur sesuai dalam Permenaker terkait. Hal itu sebagai upaya untuk menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas.

Sejauh ini, lanjut Anwar, pihaknya telah menerima 5,09 juta data calon penerima BSU tahun 2022 dari BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebelum ditetapkan sebagai penerima BSU.

Setelah dilakukan proses tersebut, terdapat 4,36 juta orang pekerja yang dapat menerima BSU di tahap pertama.

“Kami memahami bahwa BSU 2022 sangat ditunggu oleh pekerja/buruh, namun selain cepat kami juga harus menjaga prinsip ketepatan sasaran dan akuntabilitas dari progam ini. Saya berterima kasih kepada para pekerja/buruh yang telah sabar menunggu pencairan BSU 2022” ucap Anwar.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bansos Beras Jokowi Bakal Berlanjut di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Juru Bicara Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg) bakal berlanjut di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sepekan, Modal Asing Rp9,73 Triliun Kabur dari RI

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran aliran modal asing keluar bersih dari pasar keuangan domestik selama sepekan terakhir ini mencapai angka Rp9,73 triliun. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.

BI Klaim Inflasi di WIlayah Timur RI Tetap Terkendali

Bank Indonesia (BI) menyatakan inflasi di wilayah Timur Indonesia, seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua masih dalam kondisi yang terkendali. Meskipun dalam pengendalian harga di wilayah tersebut harus menemui sejumlah tantangan.

BFI Finance Catatkan Obligasi Baru, Tawarkan Kupon Hingga 6,90 Persen

PT BFI Finance Indonesia Tbk telah resmi mencatatkan obligasi berkelanjutan VI Thahap I Tahun 2024 di Bursa Efek Indonesia di pekan terakhir September 2024, yakni pada Jumat (27/9) kemarin.