Minggu, 29 September 2024
Minggu, 29 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Akui Kenaikan Harga BBM Dorong RI Masuk Jurang inflasi

Kemenkeu Akui Kenaikan Harga BBM Dorong RI Masuk Jurang inflasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tak menampik kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak besar terhadap tingkat Inflasi di Indonesia. Bahkan, tingkat inflasi hingga akhir tahun ini bisa mencapai 6,8 persen.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu mengaku, pihaknya telah menghitung kenaikan harga BBM Pertalite, Solar dan Pertamax diproyeksi berkontribusi sebesar 1,9 persen terhadap inflasi di tahun ini.

“Kami sudah hitung kenaikan harga BBM ini dampaknya 1,9 persen ke inflasi. Maka kisarannya tahun ini sekitar 6,6 persen-6,8 persen,” ujar Febrio (5/9).

Meski begitu, dia menyatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk menjaga tingkat inflasi 2022 bisa berada di bawah 7 persen.

Febrio optimis, pemerintah mampu mengendalikan inflasi seperti halnya inflasi pangan yang saat ini sudah berhasil dikendalikan, sehingga laju inflasi di bulan Agustus kemarin lebih baik ketimbang bulan sebelumnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Nasional, inflasi pada Agustus 2022 sebesar 4,69 persen secara tahunan atau year on year (yoy), lebih terkendali dari bulan sebelumnya yang mencapai 4,94 persen yoy.

Hal Ini sejalan dengan komponen inflasi pangan atau volatile food yang sebesar 8,93 persen yoy di Agustus 2022, lebih terkendali dari Juli 2022 yang mencapai 11,46 persen yoy.

Febrio, pengendalian dari sisi inflasi pangan itu dilakukan dengan menjaga suplai bahan makanan oleh tim pengendalian inflasi pusat dan daerah (TPIP-TPID). Pemerintah akan berupaya untuk bisa mengendalikan inflasi agar tidak terlalu tinggi, meski adanya kenaikan BBM.

“Akhir tahun kita berusaha akan tetap jaga dengan kombinasi semuanya, bahan pangan dipastikan selalu ada, dijaga distribusinya. Ini harapannya masih bisa di bawah 7 persen untuk inflasi sampai akhir tahun,” tutupnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Masih Stagnan, Anteng di Level Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 29 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas di Pegadaian Masih Stagnan

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 29 September 2024.

Berkah MotoGP 2024 Mandalika, 2.500 Warga Lokal Dapat Kerjaan

Ajang Balap MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) nampaknya membawa kesan tersendiri bagi warga lokal.

Makin Ramai, Dampak Ekonomi MotoGP 2024 Mandalika Ditaksir Capai Rp 4,5 Triliun

Nilai perputaran uang sebagai dampak perekonomian adanya ajang balap MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit diperkirakan mencapai Rp 4,5 triliun.