Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Presiden Terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev Tutup Usia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mantan Presiden Soviet yang menghentikan Perang Dingin (Cold War) meninggal dunia di usia ke-91 tahun. Ucapan belasungkawa pun disampaikan oleh Ketua Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres di Twitternya.

“Mikhail Gorbachev adalah sosok bapak negara yang luar biasa. Dunia telah kehilangan sosok pemimpin yang menjulang tinggi, multilateralis, berkomitmen, dan sosok pembela perdamaian yang tak kenal lelah,” tulis Antonio, di Twitter @antonioguterres, Rabu (31/8).

Menurut dari keterangan sebuah rumah sakit di Moskow, Gorbachev meninggal karena penyakit yang sudah lama ia derita.

Dalam beberapa tahun terakhir semasa hidupnya, kesehatan Mikhail sudah menurun dan keluar masuk rumah sakit.

Gorbachev yang mengambil alih kekuasaan pada tahun 1985 telah membuka Uni Soviet kepada dunia global dan memperkenalkan serangkaian reformasi.

Dunia Barat menilainya sebagai sosok arsitek dari reformasi yang mengakhiri Perang Dingin tahun 1991, yang menjadi ketegangan bagi Uni Soviet dan Barat.

Namun ia tidak bisa mencegah runtuhnya Uni Soviet, yang sekarang sudah menjadi Rusia modern.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru