JAKARTA, HOLOPIS.COM – Malaysia melaporkan 6.075 kasus baru Covid-19 pada Rabu (19/5), yang merupakan rekor jumlah harian tertinggi di negeri jiran itu.
Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (19/5), Kementerian Kesehatan Malaysia menyatakan, ini adalah pertama kalinya jumlah kasus infeksi virus CoVID-19 harian di Malaysia telah menembus angka 6.000 kasus. Rekor negara itu sebelumnya adalah 5.728 kasus Covid-19 dalam sehari pada 30 Januari lalu.
Mayoritas kasus baru berada di wilayah Lembah Klang: 2.251 kasus di Selangor dan 660 kasus di Kuala Lumpur.
Ada 699 kasus baru di Johor, 445 di Kedah, dan 441 di Kelantan. Sarawak dan Penang masing-masing melaporkan 323 dan 183 kasus.
Otoritas kesehatan dalam beberapa hari terakhir telah mengimbau anggota masyarakat untuk tinggal di rumah dan meminimalkan aktivitas yang tidak penting.
“Dokter-dokter kita menyuarakan ketidakberdayaan dan frustrasi mereka, (dan sedang) berjuang untuk mengamankan tempat tidur ICU untuk para pasien mereka di saat-saat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Direktur Jenderal Kesehatan Dr. Noor Hisham Abdullah.
Diberitakan, unit-unit perawatan intensif (ICU) saat ini kewalahan dengan membanjirnya permintaan tempat tidur setiap hari, tidak hanya untuk pasien COVID-19, tetapi juga untuk banyak kasus kritis non-virus Covid-19. (Mhd)