HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengkritik keras penyataan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan yang mengumumkan bahwa harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite akan naik dalam waktu dekat.

Dia menilai, pernyataan yang dilontarkan oleh purnawirawan TNI itu sebagai tindakan yang ceroboh dan tidak manusiawi, serta dapat merugikan banyak orang.

“Itu statement yang ceroboh, tidak manusiawi, merugikan semua orang,” kata Sugeng, Kamis (25/8).

Menurutnya, pernyataan mengenai kenaikan harga BBM itu telah menghebohkan masyarakat. Sehingga akibatnya, sejumlah harga bahan pokok pun ikut mengalami kenaikan.

“BBM belum naik saja, harga-harga sudah naik hari ini dan terjadi rush di SPBU-SPBU gara-gara pengumuman saudara Luhut Panjaitan. Itu kritik keras saya,” tukas Politisi Partai Nasdem itu.

Sebagaimana diketahui, Menko Luhut beberapa waktu lalu mengungkap, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga Pertalite dan Solar subsidi pada pekan ini.

“Nanti mungkin minggu depan (pekan ini-red) Presiden akan mengumumkan mengenai apa bagaimana mengenai kenaikan harga ini,” kata Luhut, Jumat (19/8).

Luhut mengatakan, pemerintah yang dalam hal ini Presiden Jokowi tidak mungkin menahan harga BBM karena membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Jadi Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan terus demikian karena kita harga BBM termurah di kawasan ini. Kita jauh lebih murah dari yang lain dan itu beban terlalu besar kepada APBN kita,” tuturnya.