HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi memastikan bahwa pihaknya akam kembali menggencarkan vaksinasi menyusul telah masuknya kasus penyakit cacar monyet pertama di Indonesia.

Oleh karena itu, Jokowi menegaskan bahwa dirinya telah memerintahkan anak buahnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mempercepat hal tersebut.

“Ya, sudah saya perintahkan kepada Menkes. Yang pertama, urusan vaksin segera,” kata Jokowi, Selasa (23/8).

Untuk antisipasi pencegahan lainnya, Jokowi juga telah memerintahkan bawahannya untuk memperketat pintu masuk kedatangan luar negeri demi mencegah penularan semakin meluas.

“Yang kedua, untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat,” tuturnya.

Namun, Jokowi kemudian sesumbar bahwa masyarakat tidak perlu panik menghadapi kasus ini. Pasalnya, Jokowi mengklaim penularan penyakit ini relatif lebih sulit dibandingkan Covid-19.

“Tetapi ini juga tidak perlu kita terlalu panik, karena penularannya lewat kontak langsung bukan lewat droplet. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu,” pungkasnya.